Kutipan

Dengan Ilmu Seseorang Bisa Mendapatkan Kedudukan Yang Tinggi Walaupun Ia Itu Rakyat Gembel, Akan Tetapi Sebaliknya, Kebodohan Itu Akan Merendahkan Derajat Seseorang Walaupun Dia Itu Keturunan Orang" Pandai.

Kamis, 10 Mei 2012

turotorial membuat CFW

Bismillah
Pagi semuanya, semoga pada sehat selalu (amin)..
ok langsung ja ke topic, pagi ini saya mau share cara membuat cfw, pasti pada sudah tahu kan apa itu CFW..?... belum tau? ok,, CFW itu Custome Firmware hasil editan dari OFW. OFW itu Original Firmware..
nah bagi agan-agan yang bosen memakai CFW dari orang lain dan pengen membuat CFW sendiri dengan MODD" sesuai selera agan" SIMAK tutor berikut ok...!!!

* Siapkan dulu bahan" nya: 
  • FW : bisa download disini (navifirm) atau disini (btusers). ->  (ambil rofs2 dan rofs3 dari fw Boleh juga uda.fpsx. yang mau kita edit) 
  • Dibawah ini alat" untuk mengedit FW, silahkan pilih salah satunya: (saran pake NFE beta 7/ Nokia Firmware Editor (NFE) 0.3)

    • Nokia Firmware Editor (NFE) 0.3 download disini           
    • Nokia Firmware Editor beta 7 download disini
  • Nokia fw cleaner 2.2 download disini 
  • Siscontent download disini 

Sekarang tahap krusial nya,kita akan meng unlock CORE.
Perhatikan baik2 dan caranya.
- Jalankan Nokia Core Editor Download NFE Core Editor

Klik OPEN dan locate Firmware CORE nya.



 - Lalu kita centang KEEP THE oldCRC32 terus kita klik UNPACK.



- Pilih YES



- Tunggu sampai proses UNPACK SELESAI



- Jika sudah COMPLETE,klik ROFS CALIBRATION.Tunggu sebentar akan PopUp dialog box kecil.

- Lalu kita ubah value CALIBRASI nya yang di merah sebelah kanan dengan 2C
Ingat,ubah semua nya ke 2C seperti SS dan klik APLY.



- Tunggu sampai proses CALIBRASI DONE seperti SS



- Jika sudah kita klik REPACK.
Proses REPACK akan jalan dan tunggu sampai selesai dan klik EXIT.



TAHAP UNLOCK CORE SUDAH SELESAI.
SEKARANG LANJUT KITA EDIT ROFS2.

- Buka Nokia Firmware Editor Beta 7 ( atau yang lain nya terserah agan) lalu open dan ekstrack fw yang mau di edit yaitu ROFS2 atau rofs3 dan uda.
Edit ekstrakan rofs2/rofs3 (nfe beta 7 jangan ditutup)

                  * Hasil Ekstrakan rofs2 dan rofs3 ada di folder nfe/rofs2.
                  * Hasil Ekstrakan uda ada di folder fat16.
                  * Untuk file uda,edit dengan magiciso ato winimage 
Ukuran :
Max rofs2: 33MB
Max Size rofs3: 13MB

Prioritasnya begini: rofs3>rofs2>uda.
File editan akan masuk ke room Z tergantung basis prioritas.
Oleh itu lah ane saranin edit rofs3,rofs3 akan mereplace semua yg ada di rofs2 dan uda.

Descripsi firmware:

ROFS1 -----------> Core
ROFS2 -----------> Language
ROFS3 -----------> Operator Custom
UDA -----------> C:\

                   
Nah Ini tetorial masuk memasukan aplikasi atau yang laennya ..
Cara nambahin Aplikasi ke CFW bisa pake Cara dibawah ..
1. Download SisContent..
2. Extrak Hasil Download SISContantnya yang diatas.
3. Run extsis.exe nya
4. Klik open Package. Cari File SIS yang mau dimasukin ke CFW
5. Klik Extrack File ..

[2.jpg]
[3.jpg]
Copy file ekstrakan siscontent ke folder rofs ekstrakan nokia editor yang diextrak tadi sesuai folder-foldernya di folder rofs.... .pkg nya ga usah....

-Memasukkan Rompatcher Caranya : Donlot Rompatcher disini kemudian copy ke Rofs2 sesuai folder.

-Mengganti default theme ( tema yang dipake setelah diHR) Donlot disini Caranya : pada baris paling bawah 0x14 string "b2836674766872b0" 0 cap_rd=alwayspass cap_wr=alwaysfail (yang berwarna merah ganti dengan default theme) 
-cara mendapatkan kode tema gunakan SIScontent download disini cara nya seperti yang sudah dijelaskan diatas Run extsis.exe nya - Klik open Package. Cari File SIS theme - Klik Extrack File ..Copy file ekstrakan siscontent ke folder rofs ekstrakan nokia editor yang diextrak tadi sesuai folder-foldernya di folder rofs.... .pkg nya ga usah....

-Mengganti Nama Profile General
Caranya : Buka Private>10202be9>101F8798.txt edit seperti ini 



-Memasukkan Vivaz Conversation Donlot Disini
Caranya : Buka File yang didownload copy ke Rofs2 sesuai Foldernya


-Mengganti Startup & Shutdown Donlot disini
caranya : Buka File Donlodan kemudian edit lalu masukkan ke Private>10202be9>101F8763.txt


 

-Menambah "Restart" saat tekan tombol power
 
 Caranya : Download Disini kemudian copy ke rofs2 sesuai Foldernya

 -Hapus Bahasa Caranya (pake Nokia Firmware Editor (NFE) 0.3)
 

-Menambah Icon Memory Donlot Disini
Copy Ke Private>10202be9
-Menambah 3 Shortcut DiHS Donlot Disini
Copy ke Private
-Mod Startup menjadi Lebih cepat donlot disini
Copy Sesuai Folder
-Browse Cache to E Donlot Disini
Copy Ke Private
-Default music search location (hanya mencari file music di E:music) donlot disini
copy ke private


Nih Tambahan mod2 lebih complittt, tggl extrack dan copas ke rofs2..

1. CPU Mod HERE (Ini berjalan CPU Anda pada tingkat penuh. Jika Anda adalah pengguna high end, menggunakan mod ini tapi ingat ini secara signifikan akan menurunkan daya tahan baterai Anda)
2. Touch Vibration Mod HERE
3. Settings mod 3 HERE
4. Settings mod 2 HERE
5. Settings Mod 1 HERE
6. Profile Mod HERE
7. Msg Mod 3 HERE
8. Msg Mod 2 HERE
9. Msg Mod 1 HERE
10. Light Sensor Mod HERE
11. Key Action Mod HERE
12. Delivery Reports ON Mod HERE
13. Default Volume Mod HERE
14. Mod HERE
15. Application Policy Mod HERE (Menginstal app unsigned tanpa patch installserver .)

16. BT Name Mod HERE (Ubah default Bluetooth nama file setelah flash atau hardreset)

17. Cache drive change HERE (Mengubah browser cache untuk lokasi drive E :/)

18. Custom Version Mod HERE (Mengubah versi kustom Anda nama dan tanggal dirilis. Tekan * # 0000 # untuk memeriksa)

19. Disable Keyboard light HERE (Nonaktifkan cahaya keyboard (Menghemat Daya baterai))

20. Heap Size Mod HERE (Meningkatkan ukuran sistem tumpukan dan mengurangi waktu tunda aplikasi dekat)

21. Hidden Menu Apps HERE (Dapatkan ikon aplikasi tersembunyi pada menu (Profil, Conn Mgr, Tema))

22. Lock Unlock Mod HERE (Nonaktifkan mengunci / Aktifkan getaran)

23. Music Player Mod HERE (Mengubah lokasi pemutar musik pencarian untuk ":/ suara E / My Music")

24. v50 Rotation lightning fast HERE (Cepat kilat rotasi layar (Meningkatkan acceleratometer Anda))

25. v50 Sensor Mod HERE ( Baru "Tapping Kontrol" pilihan dalam pengaturan sensor)

26. v50 Settings Open HERE (Semua ikon pengaturan pada menu ponsel) 

27. v50 Startup & Shutdown Mod HERE (Ubah startup dan shutdown animasi / nada jalan dan volume
Lihat file readme yang disertakan dalam paket)


28. v50 Xtreme Menu HERE (Tata letak menu Xtreme dimodifikasi untuk V50)

29. 11 Menu Busy Circles HERE (Pilih dari lebih dari 11 Lingkaran menu baru Sibuk dan menggunakannya.Ubah nama MIF masing-masing untuk "Menu.mif" dan tempat di "rofs2/resource/apps /")

30. v50 Browser Rotation Mod HERE (Menyediakan pilihan dalam browser untuk pergi ke modus lansekap bahkan ketika pengaturan sensor adalah off)

31. Camera RAM Mod HERE (Mod ini Memaksa aplikasi Kamera untuk menghapus Cache RAM setelah kamera dimatikan.)

31. v50 Camera Sound Mod HERE (Menghapus suara kamera bahkan ketika nada peringatan ON)

32. v50 RAM Cache change Mod HERE (Memindahkan Cache RAM ke C: untuk kinerja super cepat)

33. v50 Default tone Mod HERE (Edit file teks untuk mengubah default Ringtone, nada alarm, nada SMS untuk profil setiap)

34. v50 Default Theme Mod HERE Edit baris terakhir di file teks dan mengubah "Teks Bold" untuk UID tema Anda
0x14 string "20000008" 0 cap_rd = alwayspass cap_wr = alwaysfail

35. File Browser HERE (Sangat baik Nokia Berkas Browser dengan fungsi yang menakjubkan. Sebuah keharusan bagi sebuah CFW!)

36. v50 HS New Icons Mod HERE (Menambahkan tiga ikon baru untuk homescreens Anda)

37. Landscape-HS Mod HERE (Mengubah segalanya menjadi Lanskap!)

38. Personalization Mod HERE
Edit file ini untuk mengatur sendiri Boot Screen, Startup nada, Shut down layar dan nada Shutdown. Lihat di bawah!
String "PATH UNTUK START UP NADA" 0x3 = 0 cap_rd alwayspass cap_wr = alwaysfail 


String "Jalan UNTUK ANIMASI STARTUP" 0xD 0 cap_rd = alwayspass cap_wr = alwaysfail
 
String "Jalan UNTUK SHUTDOWN ANIMATION" 0x12 = 0 cap_rd alwayspass cap_wr = alwaysfail

 
String "PATH UNTUK START UP NADA" 0x14 = 0 cap_rd alwayspass cap_wr = alwaysfail

 
    0x2 int 9 5 cap_rd = alwayspass cap_wr = alwaysfail - Mengubah volume startup dengan mengubah digit "9 5" Nilai tertinggi = "9 9" 


    0x15 int 9 5 cap_rd = alwayspass cap_wr = alwaysfail - Mengubah volume startup dengan mengubah digit "9 5" Nilai tertinggi = "9 9"

39. UI Acceleration Mod HERE (Mempercepat perangkat youe banyak karena beberapa tweak grafis! Game dan Aplikasi berjalan lebih cepat)

40. v50 Default StartUp Message Mod HERE (Sama file sebagai "V50 Mod Personalisasi"
Jadi, Anda perlu
untuk menggabungkan pengaturan Anda bersama-sama ... 


String 0x5 "MENULIS TEKS ANDA DI SINI" 16777216 = cap_rd alwayspass cap_wr = WriteDeviceData 

0x6 int 1 16777216 cap_rd = alwayspass cap_wr = WriteDeviceData
[Jika nilai default adalah "0" kemudian mengubahnya menjadi "1" untuk mengaktifkan pesan pembuka)


41. v50 Widget security disable Mod HERE (Menonaktifkan Peringatan Widget keamanan menjengkelkan)

42. v50 Super Start Mod HERE (1. Rom Patcher Autostart, 2. Menonaktifkan Nokia Mengirim SMS Selamat, 3. Menonaktifkan startup dari latar belakang Aplikasi aktif)

43. v50 File Manager tweak One Mod HERE (Memungkinkan pengiriman SIS, SISX, file JAR melalui Manajer file default)

44. v50 File manager tweak Two Mod HERE (Default file manager menunjukkan file sistem dari E: drive)

45. v50 Disable KS in Short Lists HERE (Menonaktifkan Bergulir kinetik dalam Daftar Pendek dan  Menghapus laggs di Menu Utama)

46. v50 Five Homescreens HERE 
Five Homescreen pack for CFW
1. Finger Use
2. Full Page
3. Basic Omnia
4. navigation bar Satio
5. Contacts bar

47. v50 Orange and Vodafone Homescreens HERE 
Place the files in CFW to get Orange and Vodafone Homescreens in your v50 Nokia 5800

48. v50 Messaging Mod HERE   
Increases the number of saved messages in Sent items from 20 to 999/9999

49. v50 Recorder mod HERE
Highest Quality Recording set to default and Recording time increased to 12hours by default in Voice Recorder

50. v50 Video mod HERE  
Prevents Video from directly going into landscape mod even when the phone is in portrait position. The Video player will now respect the Phone's Acceleratometer
51. Change Default Homescreen: HERE
 

Maaf jika ada kata" yang salah / tidak dimengerti, semoga bermanfaat apa yang telah saya share ini, dan mudah"an makin banyak CFW marker di Indonesia..


#sumber: DM, Galihreza.



Terkait

Description: turotorial membuat CFW Rating: 4.5 Reviewer: dendry aden ItemReviewed: turotorial membuat CFW
Al
Mbah Qopet Updated at: 10.56

30 komentar:

  1. sya trtarik skli dgn artikel ni,, dah klling cri tutor ny trnyta yg lngkap ad dsini.
    mo nnya ni gan,, unlock core tu gunnya bwt apa dan modding FW ni ap bisa di praktekin di FW nokia 500..? trz klo bisa gmn cra modding font nya lngsung di FW nya..?

    mhon pncerahanya gan,, tanx.

    BalasHapus
  2. install aja apps Font..atau ganti pake cara manual!!!

    BalasHapus
  3. robin:
    terimakasih gan sudah berkunjung d blog saya, dicoba aja gan, coz ane lum nyoba di nokia 500. unlock core guna nya biar rofs 2/rofs 3 bisa di edit gan dan biar ga galbot ntr pas flashing nya..

    vebri: yup, btl kata agan vebri pake aplikasi fontrouter atau pake cara manual...

    BalasHapus
  4. file core.c00 nya apa bsa d edit

    BalasHapus
  5. klo file ofw asli trz kt tmbahin ato hapus aplikasi'y bs ga?

    BalasHapus
  6. Manatp bgt tutornya om.....salut bgt dah!!

    BalasHapus
  7. maaf bru blz, lg sbuk .hehe
    @dhamaz: wah ane krng tau gan, coz blm pernh edit" core. Ntr kalo ad wkt ane cri info ny dl.
    @anonim?: pake nokia firmware cleaner, dwnld link ny ad diats, kalo g mw repot pket nokia cooker v.29 jg dh ad plugin nokia fw cleaner nya.
    @informatics: maksh gan.

    BalasHapus
  8. terima kasih atas pencerahan blognya mas

    BalasHapus
  9. tutornya kok gak bisa di mengerti y bos......jadi lieur,haha

    BalasHapus
  10. Klik OPEN dan locate Firmware CORE nya.

    MAAF yang di maksud firmware CORE nya yang mana gan,mohon di perjelas lagi dong

    BalasHapus
  11. @anonim 1: ga ngerti dmna nya bos...?
    :D
    @ANONIM 2: yang seperti ini gan
    RM-697_23.0.015_prd.core.c00

    BalasHapus
  12. bro ini tutorialnya bisa buat edit OFW nokia dengan software s40 apa gk?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba gan, mungkin bisa, coz blm pernh nyoba d s40. :)

      Hapus
  13. ijin bookmark gan, kyknya perlu dibaca berulang-ulang baru bisa dipahami.
    Oiya gan, jika kita mau menghapus beberapa aplikasi bawaan, file fw yg mana saja yg perlu di edit?
    Tolong balas
    monerangga629@gmail.com

    BalasHapus
  14. ijin bookmark gan, kyknya perlu dibaca berulang-ulang baru bisa dipahami.
    Oiya gan, jika kita mau menghapus beberapa aplikasi bawaan, file fw yg mana saja yg perlu di edit?
    Tolong balas
    monerangga629@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake aplikasi nokia firmware cleaner gan. file yg perlu di edit rofs2,rofs3,UDA.

      Hapus
  15. keren om,,
    bisaan..
    :-D
    tp mumet ah,
    hehehee
    request z dh bsa mh biar ane tnggal flashing duank...
    nokia 603 RM-779 yg keren abis n udah hacked.
    hehehehee
    sukses sllu omm. . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ane jga masih blajar.
      emm, ane blm pernh nyoba bikin cfw buat nokia 603 (symbian belle gan) maaf ya :)

      Hapus
  16. bang ada gak mod belle navibar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di di comot gan.

      http://www.tusfiles.net/yby5k64l2zh7

      makasih dah mau mapir ke blog ane. :)

      Hapus
  17. maaf gan mau nanya..
    Untuk pengguna rm-530 e72, apa ada aplikasi lain yg bisa di gunakan untuk unpack corex nda..
    Soalx nfe core editor nda bisa..
    Thankx gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok agan unpack core pakai NFE core editor? kenapa ga pakai nokia firmware editor gan? NFE Core editor itu untuk unlock core doang gan.

      thnks dah mampir ke blog ane. :D

      Hapus
    2. ooh gtu yach gan.. Hehe
      btw..
      Gimana yach gan cara hapus Bhs Penulisan di fwx..
      Soalx ane sudah pake aplikasi NfW editor n ROFS2 Languange tool, tapi yg terhapus cuman Bhs telfonx saja, Bhs penulisanx nda terhapus gan..
      Bantuin yach

      Hapus
    3. iya gt gan. :)
      untuk menghapus bahasa penulisan nya ane lupa gan, bntr ane inget" dl ya. :(

      Hapus
  18. tolong di ingat2 lagi yach gan..
    Hehe..
    Syukran sebelumx..

    BalasHapus
  19. Muaaannnsstaaaap gan...
    ane bookmark nih... hehehe

    BalasHapus
  20. kalo mau,
    1. edit Home Screen C6-00 bisa ga ya gan...?
    2. Nambahin custom folder biar muncul di E gimsna..?

    BalasHapus
  21. kalo ngrubah TAP TO unlock dgn SLIDE TO UNLOCK cfw Apollo 8 Belle gmana gan...?? q sudah ganti telgelsture.dll tp masih aja nggak bisa.. mohon penceramahannya... :D

    BalasHapus

Pengunjung yang baik selalu memberikan komentar yang baik pula dan sopan.
Apabila anda memberikan komentar rusuh itu tandanya anda tidak berpendidikan.